Hubungan Antara Status Pernikahan Dan Penggunaan Kontrasepsi Hormonal Dengan Kejadian Knaker Payudara

Authors

  • Nur Jariah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Lia Kurniasari

Keywords:

status pernikahan, penggunaan kontrasepsi, kanker payudara

Abstract

Tujuan Studi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara status pernikahan dan penggunaan kontrasepsi hormonal dengan kejadian kanker payudara di Kalimantan Timur.

Metodologi : Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita yang berusia 14-65 tahun di Kalimantan Timur. Teknik pengambilan data sampel menggunakan Accidental Sampling. Responden berjumlah sebanyak 216 orang. Intrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui Goggle From dan data analisis menggunakan Statistic Package For Social Science (SPSS) kemudian dilanjutkan dengan uji Chi Square dengan nilai signifikasi α=0,005.

Hasil :  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara status pernikahan (p value=0,000) dan penggunaan kontrasepsi hormonal (p value=0,001) dengan kejadian kanker payudara di Kalimantan Timur.

Manfaat : Dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahasan hasil evaluasi dalam penyelenggaraan program pendidikan ilmu kesehatan masyarakat, menjadikan hasil penelitian ini sebagai indikator keberhasilan dari proses belajar mengajar selama saat kuliah dan digunakan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya. Manfaat bagi wanita dapat menjadikan penelitian ini sebagai salah satu cara upaya pencegahan kanker payudara.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>