Pengaruh Media Body Mapping tentang Organ Reproduksi dan Pencegahan Kekerasan Seksual (Eksperimen pada Remaja Disabilitas)

  • Ranti Melda Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Lia Kurniasari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Body mapping, Organ reproduksi, Pencegahan kekerasan seksual

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh media body mapping tentang organ reproduksi dan pencegahan kekerasan seksualĀ  (eksperimen pada remaja disabilitas) diSLB N Pembina Provinsi Kalimantan Timur 2020.

Metodologi: Desain dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan eksperimen/percobaan. Populasi dalam peneliian ini ialah remaja disabilitas di SLB N Pembina Provinsi Kalimantan Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode slovin. Responden seluruhnya berjumlah 54 siswa/i. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner dengan pertanyaan tertutup dan berskala guttman. Data analisis secara bivariat menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon Sign Rank Test.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh media body mapping tentang organ reproduksi dan pencegahan kekerasan seksual (eksperimen pada remaja disabilitas).

Manfaat: Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam proses belajar mengajar melalui media body mapping khususnya tentang organ reproduksi dan pencegahan kekerasan seksual, serta dapat meningkatkan pengetahuan siswa serta hasil belajar, dan Penelitian ini diharapkan nantinya dapat memberikan manfaat dan sumbangsi untuk dijadikan bahan bacaan bagi mahasiswa dan perkembangan penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24
Section
Kesehatan Masyarakat