Pengaruh Pemberian Boneka Manusia Terhadap Pengetahuan Organ Reproduksi Dan Pencegahan Pelecehan Seksual (Eksperimen Pada Remaja Disabilitas)

  • Mira Susanti universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Lia Kurniasari
Keywords: Reproductive Organs, Prevention of Sexual Violence, adolescent disabilities

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh pemberian boneka manusia tentang organ reproduksi terhadap kekerasan seksual pada remaja disabilitas.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian pre eksperimen (Pre Experimental Designs). Dengan rancangan One Group Pretest Posttest. Penelitian eksperimen dilakukakan di SLB Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Timur dengan sampelĀ  penelitian 54 responden dengan menggunakan teknik random sampling, intrument yang digunakan yaitu kuesioner yang berisikan materi tentang organ reproduksi dan pencegahan kekerasan seksual dengan menggunakan uji Wilcoxon Sing RankTest.

Hasil: Berdasarkan hasil analisis dari 54 responden terdapat nilai P-Valuesebesar .000 (<0.05) yang menyatakan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemberian boneka manusia berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan tentang organ reproduksi dan pencegahan kekerasan seksual.

Manfaat: Penelitian ini Dapat digunakan sebagai bahan bacaan dan referensi bagi peneliti-peneliti berikutnya dan Sebagai sumber pengetahuan serta wawasan peneliti terhadap pengaruh pemberian boneka manusia tentang organ reproduksi terhadap kekerasan seksual pada remaja disabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)