Hubungan Lama Waktu Menyelam Dengan Kualitas Hidup Nelayan Di Pulau Derawan

Authors

  • Candra Wahyu Saputra Azis Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto

Keywords:

Kata Kunci: Longtime Diving, Quality of Life Fisherman, Derawan

Abstract

Tujuan Studi: Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan lama waktu menyelam dengan kualitas hidup nelayan di pulau derawan 2020.

Metodologi: Desain dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survey cross sectional Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat dipulau derawan. Teknik pengambilan sampel untuk kelompok kasus menggunakan total sampling sedangkan untuk kelompok kontrol menggunakan aksidental Sampling. Responden berjumlah 302 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner secara online melalui google form.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan lama waktu menyelam dengan kualitas hidup nelayan di pulau derawan dengan nilai p value = 0,027 <0,05.artinya dapat disempulkan bawa ada hubungan antara lama waktu menyelam dengan kulitas hidup nelayan di pulau derawan 2020.

Manfaat: Dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan evaluasi dalam penyelenggaraan program pendidikan ilmu kesehatan masyarakat, menjadikan hasil penelitian ini sebagai indikator keberhasilan dari proses belajar mengajar selama kuliah dan digunakan sebagai sumber referensi untuk acuan dan pedoman dalam melakukan penelitian kesehatan ditahun berikutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>