Literature Review The Relationship Of Occupational Density with The Incidence Of ARI In Infants

Literature Review Hubungan Kepadatan Hunian Dengan Kejadian ISPA Pada Balita

  • Siti Hardianti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Marjan Wahyuni
Keywords: Kepadatan Hunian, ISPA, Balita

Abstract

Tujuan studi : Menganalisis adanya hubungan kepadatan hunian dengan kejadian ISPA pada balita merupakan tujuan dalam penelitian ini.

Metodologi : Penelitian yang menggunakan metode literature review sebuah pencarian artikel di mesin pencarian Google Scholar, Directory of open acces journal, Pubmed dan Microsoft Academic Search yang digunakan adalah artikel internasional dan nasional terbitan 2015-2020.

Hasil : Melihat dari hasil artikel yang telah dikumpulkan ditemukan hasil bahwa kepadatan hunian memiliki hubungan dengan kejadian ISPA pada balita yang tidak memenuhi standar rumah sehat, Samarinda menjadi salah satu kota dengan tingginya Kepadatan hunian dengan kejadian ISPA pada balita dilihat dari analisis pada kelompok kasus sebagian besar tidak memenuhi standar (80,9%), dilihat dari kelompok kontrol sebagian besar memenuhi standar (52,4%) dengan nilai (OR= 0,214 dan CI=0,055-0,855 P= 0,024) kondisi ruangan yang penuh dan padat akan mengalami pencemaran gas dan bakteri mikroorganisme dengan meningkatnya karbon dioksida dalam suatu ruangan dapat penurunkan sirkulasi udara dalam ruangan.

Manfaat : Menjadikan penelitian ini sebagai penambah wawasan baik itu bagi penulis maupun pembaca. Serta menjadikan bahan renungan untuk memenuhi standar persyaratan rumah sehat dan terhindar dari berbagai penyakit menular termasuk ISPA.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27
Section
Kesehatan Masyarakat