Literature Review Kondisi Fisik Rumah Dengan Kejadian Penyakit Ispa Pada Balita

  • Retno Dewi Sartika Universitas Muhammadiyah Kaltim
  • Marjan Wahyuni
Keywords: Kondisi Fisik Rumah, ISPA, Balita

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan fisik rumah dengan tingkat kejadian penyakit ISPA pada balita.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode literature review dengan sebuah pencarian artikel dengan pencarian Google Schoolar, Pubmed dan Microsoft Academic Search yang digunakan adalah artikel internasional dan nasional terbitan pada tahun 2015-2020.

Hasil: Setelah itu pengumpulan pada jurnal dengan menggunakan situs jurnal yang telah terakreditasi dari penelusuran di Google Schoolar, Pub Med, Microsoft Academic Search dan PMC. Dengan kata kunci yaitu kondisi fisik rumah, ISPA, balita. Didapatkan 30 jurnal yang berhubungan dengan kata kunci pencarian dan setelah itu dilakukan kriteria kelayakan. Kemudian disaring, dan ditemukan jurnal sebanyak 15 jurnal, lalu terdapat 4 jurnal dieksklusi karena tidak tersedia artikel full text. Assesment kelayakan yang terdapat pada 15 jurnal fulltext dan dilakukan terdapat jurnal internasional 10 jurnal dan nasional 5 jurnal lalu kemudian dilakukan review yang sesuai dengan kriteria peneliti yang relevan. Setelah itu terdapat jurnal tidak relevan yang sebanyak 5 jurnal, sehingga di dapatkan 10 jurnal yang telah  memenuhi kriteria peneliti, dan setelah itu dilakukan relevan review.

Manfaat: Sebagai refrensi dan penerapan ilmu selama proses belajar mengajar di bangku kuliah serta dapat mengembangkan ilmu pengetahuan kesehatan masyarakat tentang hubungan fisik rumah dengan kejadian penyakit ISPA pada balita.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27
Section
Kesehatan Masyarakat