Hubungan Pengetahuan Staff UMKT dengan Kepatuhan Penggunaan Masker sebagai upaya Pencegahan Covid-19

Authors

  • Elena Intan Permata Sari UMKT
  • Marjan Wahyuni

Keywords:

Pengetahuan, Kepatuhan, Pencegahan Covid-19

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan Staff UMKT dengan Kepatuhan Penggunaan Masker sebagai Upaya Pencegahan Covid-19.

Metodologi: Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan kepada Staff di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Kota Samarinda. Penelitian menggunakan desain Cross Sectional, penelitian yang dilakukan sekali dalam satu waktu (poin time approach) dengan tujuan mendapatkan hubungan sebab akibat terhadap faktor-faktor risiko denganefek. Analisis yang digunakan adalah analisis bivariat yang menggunaka uji statistik yaitu uji Chi Square dengan derajat kepercayaan 95% (α = 0,05).

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan kepatuhan penggunaan masker pada staff universitas muhammadiyah Kalimantan timur dengan nilai p-value = 0.132(p= > 0.05).

Manfaat: Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam penyelenggaraan program pendidikan ilmu kesehatan masyarakat, sebagai indikator keberhasilan dalam proses belajar mengajar selama perkuliahan, sebagai sumber referensi dan acuan dalam penelitian berikutnya serta sebagai informasi mengenai hubungan pengetahuan dengan kepatuhan pada staff UMKT

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat