ANALISIS PENGARUH PERPUTARAN KAS TERHADAP PROFITABILITAS: STUDI KASUS PADA SUB SEKTOR PERTAMBANGAN BATUBARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2019

Authors

  • M Zudik Zainurrohim Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Sri Wahyuni Jamal

Keywords:

Perputaran Kas, Profitabilitas, Kas

Abstract

Abstrak

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran kas terhadap profitabilitas perusahaan sub sektor pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019.

Metodologi: Data penelitian didapat melalui laporan keuangan masing-masing perusahaan serta ditunjang oleh data sekunder dan dokumentasi yang didapatkan dari Bursa Efek Indonesia. Metode kuantitatif dipakai dalam penelitian, dimana lebih berfokus pada pola pengukuran secara objektif (fenomena social).

Hasil: Diketahui bahwa besar pengaruh perputaran kas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas. perputaran kas secara signifikan memiliki suatu pengaruh terhadap profitabilitas. Ketika perputaran kas naik otomatis profitabilitas akan semakin besar.

Manfaat: Hasil studi dapat dijadikan acuan sebagai bahan pertimbangan sebelum menentukan keputusan dalam menginvestasikan sebuah dana.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-24

Most read articles by the same author(s)

> >>