Hubungan Kinerja Perawat dalam Melakukan Asuhan Keperawatan terhadap Empati Mutu Pelayanan Keperawatan di RSIA Qurrata A’yun Samarinda

  • Husniah Husniah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Enok Sureskiarti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Kinerja Perawat, Empati

Abstract

Tujuan studi: Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja perawat dengan empati mutu pelayanan keperawatan di RSIA Qurrata A’yun Samarinda.

Metodologi: Empati artinya memahami, Empati dalam pelayanan keperawatan adalah sesuatu hal yang memahami orang yang dilayani dengan penuh perhatian,simpatik, pengertian dan adanya keterlibatan dalam berbagai permasalahan yang dihadapi orang yang dilayani. Kinerja perawat berfungsi sebagai tolak ukur pelayanan kesehatan maka perlu untuk mengkaji tentang kinerja guna mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien yang sehat maupun sakit

Hasil: Peneliti menggunakan jenis pendekatan deskriptif korelasional dengan rancangan cross sectional dengan instrument yang digunakan adalah kuesioner dengan sampel 62 pasien dengan teknik simple random sampling. Hasil uji analisa bivariat menggunakan uji chi-square hasil p-value 0,047 < α (0,05) dan dapat disimpullkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja perawat dengan empati mutu pelayanan keperawatan.

Manfaat: Dapat menjadi media informasi dan bahan pembinaan kinerja perawat dalam melakukan asuhan keperawatan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan keperawatan sehingga dapat tercapai tingkat kepuasan pasien yang setinggi-tingginya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-27