Pengaruh Return On Equity (ROE) Dan Price Earning Ratio (PER) Terhadap Nilai perusahaan Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di BEI Periode 2017-2019

Authors

  • Hesti Wira Nanda Manajemen, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mursidah Nurfadillah

Keywords:

Return On Equity (ROE), Price Earning Ratio (PER), Nilai Perusahaan

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh return on equity (ROE) dan price earning ratio (PER) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti dan real estate tahun 2017-2019. Data penelitian diperoleh dari website IDX dan website resmi masing-masing perusahaan yang mengambil sampel sebanyak 39 perusahaan.

Metodologi: Teknik penelitian data menggunakan studi Pustaka dengan cara melihat dari laporan keuangan masing-masing perusahaan. Dalam menganalisis data menggunakan analisis linear berganda berdasarkan hasil output dari aplikasi IBM SPSS 25.

Hasil: Diperoleh hasil bahwa return on equity (ROE) dan price earning ratio (PER) berpengaruh terhadap nilai perusahaan secara parsial maupun simultan. Dengan nilai koefisien determinasi senilai 0,103 artinya return on equity (ROE) dan price earning ratio (PER) mempengaruhi nilai perusahaan sebanyak 10,3 % sedangkan sisanya sebanyak 89,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak ikut diteliti.

Manfaat: Dengan memperhatikan return on equity (ROE) dan price earning ratio (PER) dalam perusahaan dapat sedikit meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan yang meningkatkan menunjukan hal yang baik karena dapat menarik minat para investor untuk membeli saham perusahaan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06

Most read articles by the same author(s)

> >>