Pengaruh Gaya Kepemimpinan Servant Leadership terhadap Kinerja Pegawai pada Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia Stasiun Kalimantan Timur

Authors

  • Ayub Al Amin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ermi Utami

Keywords:

gaya kepemimpinan, servant leadership, kinerja pegawai

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah gaya kepemimpinan Servant Leadership berpengaruh terhadap kinerja karyawan TVRI di stasiun Kalimantan Timur.

Metodologi: Metode penelitian ini kuantitatif dan populasi yang akan diteliti yaitu seluruh pegawai Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia Stasiun Kalimantan Timur yang berjumlah 128 pegawai dan sampel yang berjumlah 97, Pengumpulan data menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Data didapatkan dari responden dan alat pengumpul data yang digunakan yaitu kuesioner yang dibagikan melalui google form, kemudian dianalisis dengan aplikasi SPSS.

Hasil: Gaya kepemimpinan servant leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia stasiun kalimantan timur. Gaya kepemimpinan servant leadership berpengaruh terhadap kinerja pegawai sebesar 51%, dan 41% dipengaruhi oleh variabel lain, yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Manfaat: Hasil penelitian skripsi ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menganalisis pengaruh dari gaya kepemimpinan servant leadership pada suatu instansi yaitu pada lembaga penyiaran publik TVRI stasiun kalimantan timur agar menjadi bahan pertimbangan untuk dapat meningkatkan kinerja pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-27