Analisis Pengaruh Rasio Aktivitas Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

  • Deni Malik Universitas Muhammadiyah Kalimantan TImur
  • Mursidah Nurfadillah
Keywords: Rasio Aktivitas, Leverage, Profitabilitas

Abstract

Tujuan Studi: Tujuan dari melakukan penelitian ini mempunyai maksud agar dapat mengetahui pengaruh rasio aktivitas dan leverage terhadap profitabilitas

Metodologi: Purposive sampling digunakan perihal menentukan sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data sekunder bersumber dari website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Penelitian yang dilakukan ini memakai regresi linear berganda sebagai teknik analisis data.

Hasil: Penelitian ini memiliki hasil yang menampilkan secara parsial rasio aktivitas mempunyai pengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai signifikansi 0.003. Serta leverage secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap profitabilitas, dengan nilai signifikansi  0.002. Secara simultan rasio aktivitas, dan leverage terhadap profitabilitas mempunyai pengaruh signifikan mempunyai nilai signifikan 0,000. pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Manfaat: Penelitian ini dapat memberikan bukti empiris mengenai pengelolaan rasio keuangan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur sub sektor kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sehingga hasil dari penelitian ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai rasio aktivitas dan leverage yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>