Analisis Pengaruh ROA Dan EVA Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Property And Real Estate

  • Mohamad Anwarul Huda Universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Mursidah Nurfadillah Universitas muhammadiyah kalimantan timur
Keywords: return on asset, economic value added, return stock

Abstract

Tujuan penelitian: penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana signifikansi dan pengaruh  antara Economic Value Added dan Return On Asset terhadap return saham perusahaan sub sektor Property and Real Estate yang terdaftar di bursa efek Indonesia.

Metodologi: Dalam pengambilan sampel, metode yang digunakan adalah purposive sampling. Purposive sampling itu sendiri adalah metode pengambilan sampel dengan menetapkan ukuran khusus yang sesuai dengan tujuan dan maksud penelitian. Sampel dalam observasi ini berjumlah 17 perusahaan dari periode tahun 2014 – 2018. Sedangkan metode untuk menganalisis data menggunakan regresi linier berganda.

Hasil: Setelah diuji menggunakan regresi linier berganda menunjukkan pengaruh signifikan secara bersama – sama dari dua variabel independen Terhadap variabel dependen. Secara segmental, signifikansi pengaruh ROA terhadap return saham sangat tinggi. Namun sebaliknya signifikansi dari variabel EVA terhadap return saham tidak terlalu tinggi. hubungan antara variabel EVA dengan return saham bersifat negatif (tidak searah). Disebut tidak searah karena jika nilai EVA mengalami kenaikan maka tidak diikuti dengan kenaikan return saham.

Manfaat: Hasil dari penelitian ini nantinya dapat dijadikan referensi sebagai bahan pertimbangan untuk menilai performa keuangan pada saham perusahaan dan juga dalam rangka decision making atau segala sesuatu yang kaitannya dengan performa perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-30