Pengaruh Return On Asset dan Earning Per Share Terhadap Return Saham pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di BEI

Authors

  • Ika Nur Istiqomah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mursidah Nurfadillah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS), Return Saham

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ROA dan EPS terhadap return saham pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan pada tahun 2014 sampai 2018.

Metodologi: Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, website, jurnal, dokumentasi berdasarkan laporan keuangan yang di publish oleh Bursa Efek Indonesia, dengan bantuan SPSS for windows versi 23.

Hasil: Diketahui bahwa besar pengaruh ROA dan EPS secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham. ROA dan EPS secara bersama-sama mampu menjelaskan turun naiknya return saham. Selain itu diketahui pula bahwa ROA berpengaruh signifikan terhadap return saham dan memiliki hubungan positif (searah). Sedangkan EPS tidak berpengaruh signifikansi terhadap return saham namun memiliki hubungan positif (searah).

Manfaat: Bagi investor dan calon investor sebagai bahan acuan dalam memilih dan menganalisis investasi, adapun bagi perusahaan dapat dijadikan masukkan dalam meningkatkan kinerja perusahaan dan bahan pertimbangan untuk menjalankan bisnis usahanya, serta bagi peneliti selanjutnya dapat menambah wawasan dan pemahaman lebih mendalam dan dapat dijadikan referensi mengenai pengaruh ROA dan EPS terhadap return saham pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-30

Most read articles by the same author(s)

> >>