Pengaruh Rentabilitas dan Likuiditas terhadap Rasio Kecukupan Modal pada Bank Bumn yang Go Public

Authors

  • Sarifah Syahnas Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Azhar Latief

Keywords:

Rentabilitas, Likuiditas, Kecukupan Modal

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh rentabilitas dan likuiditas terhadap rasio kecukupan modal pada Bank BUMN yang go public.

Metodologi: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling.Untuk itu penulis mengambil data laporan keuangan 4 Bank BUMN periode 2009-2018 untuk menjadi sampel dalam penelitian ini.Teknis analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda yang didahului dengan dilakukan uji analisis regresi, uji asumsi klasik, dan uji model yang terdiri dari koefisien determinasi, uji simultan (uji F), serta uji parsial (uji t) dengan menggunakan software SPSS.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis pertama (H1) memperoleh hasil rentabilitas berpengaruh positif secara signifikan terhadap rasio kecukupan modal, hipotesis kedua (H2) memperoleh hasil likuiditas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap rasio kecukupan modal, dan hipotesis ketiga (H3) memperoleh hasil rentabilitas dan likuiditas keduanya menunjukan secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap rasio kecukupan modal

Manfaat: Untuk menganalisa pemilihan saham pada bursa efek Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06

Most read articles by the same author(s)

> >>