Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

  • Desyi Desyi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mursidah Nurfadillah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Ukuran Perusahaan, Leverage dan Rasio Profitabilitas

Abstract

Tujuan studi: studi penelitian ini disusun dengan tujuan menguji pengaruh secara simultan dan parsial dari ukuran perusahaan dan leverage terhadap profitabilitas perusahaan sub sektor kosmetik yang masuk dalam daftar Bursa Efek Indonesia (BEI).

Metodologi: pendekatan penelitian yang dipakai yaitu kuantitatif dan sampel diambil dari populasi yang meliputi perusahaan sub sektor kosmetik yang masuk dalam daftar BEI periode 2012-2018.

 

Hasil: Temuan penelitian ini membuktikan terdapat pengaruh signifikan secara parsial ukuran perusahaan signifikan terhadap Profitabilitas, sedangkan Leverage tidak memiliki pengaruh signifikan pada Profitabilitas. Sedangkan secara simultan ukuran perusahaan dan Leverage memiliki pengaruh signifikan positif pada Profitabilitas suatu perusahaan.

Manfaat: Penelitian hendaknya dapat dimanfaatkan bagi penulis pembaca, akademis, manajemen maupun investor, untuk bisa memberi pembuktian secara empirik tentang manajemen serta perhitungan rasio keuangan dan pengaruhnya pada profitabilitas. Hasil studi ini hendaknya dapat menjadi tambahan ilmu pengetahuan dan dapat pengaplikasian teori teori yang dipelajari selama perkuliahan sebagai bahan referensi dalam membuat penelitian yang sejenis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-30