Analisis Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Studi Kasus pada Sub Sektor Pertambangan Batubara yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2019

  • Endang Kurniati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Sri Wahyuni Jamal Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: profitabilitas, perputaran piutang

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan menganalisis perputaran piutang terhadap profitabilitas pada Sub Sektor pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas (ROA) sedangkan variabel independennya adalah perputaran piutang (Receivable Turnover)

Metode penelitian: Jenis penelitian yang akan digunakan dalam  penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel akan ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan diperoleh 19 perusahaan batubara yang digunakan sebagai populasi dan diperoleh 10 perusahaan yang digunakan sebagai sampel. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang mempunyai sifat  runtut waktu (time series) yang tidak secara langsung diberikan kepada pengumpul data.

Hasil: dari uji t dalam penelitian ini menunjukkan bahwa t hitung > t table (2,398>2,04841) maka dari hipotesis yang ada Ha diterima yaitu variabel independen  RTO memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen ROA.

Manfaat: Peneitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam mengambil keputusan  yang berkaitan dengan RTO dan ROA. Untuk menambah wawasan dan menambah informasi dalam menuangkan hasil penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-30