Pengaruh Terapi Progressive Muscle Relaxation (Pmr) TerhadapTingkat KecemasanPasien Kanker Di Rumah Singgah Kanker Samarinda

Authors

  • Dewi Nurkayatun Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Dwi Rahmah Fitriani

Keywords:

Kanker, Terapi Progressive muscle relaxation (PMR), Tingkat Kecemasan

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi  Progressive muscle relaxation (PMR) terhadap tingkat kecemasan pasien kanker di rumah singgah kanker samarinda.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain Quasy Eksperimen. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan acara purposive sampling dengan jumlah sampel 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner. Analisa data menggunakan uji Simple paired T test.

Hasil: Hasil analisa yang didapatkan nilai rata-rata mean kecemasan sebelum diberikan terapi progressive muscle relaxasion (PMR) adalah 23.27 dan setelah diberikan terapi Progressive Muscle Relaxation (PMR) responden mendapatkan perlakuan intervensiProgressive muscle relaxatiom (pmr) sebanyak 3 kali dalam 3 hari berturut-turut didapatkan mean 20.05 dengan nilai P value = 0.000 (P<0.05). dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kecemasan sebelum dan sesudah diberikan terapi progressive muscle relaxation

Manfaat:Dapat menjadikan terapi progressive muscle relaxation sebagai salah satu alternative terapi kedalam intervensi yang diterapkan perawat untuk memberikan pelayanan asuhan keperawatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-29

Most read articles by the same author(s)

> >>