Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan PT. Mahakam Berlian Samjaya di Kota Samarinda

Authors

  • Ronisius Agang Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Yulia Tri Kusumawati

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi secara simultan terhadap kinerja karyawan dan untuk mengetahui gaya kepemimpinan dan motivasi secara parsial atau individu terhadap kinerja karyawan.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi nya adalah seluruh karyawan PT. Mahakam Berlian Samjaya di Samarinda yang berjumlah 260 karyawan. Jumlah sampel sebanyak 158 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data simple random sampling.

Hasil:Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan PT. Mahakam Berlian Samjaya.  Baik secara parsial maupun secara simultan.

Manfaat: Sebagai bahan referensi untuk mempertimbangkan gaya kepemimpinan yang diterapkan karena akan berdampak pada motivasi dan dapat mempengaruhi kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-14

Most read articles by the same author(s)

> >>