Analisis Pengaruh ERM dan Firm Size terhadap Firm Value pada Perusahaan Pertambangan Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Hinayah Hinayah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fenty Fauziah

Keywords:

Enterprise Risk Management (ERM), Firm Size, Firm Value

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Enterprise Risk management (ERM) dan Firm Size terhadap Firm Value pada perusahaan pertambangan batu bara yang terdaftar di bursa efek indonesia baik secara parsial maupun simultan.

Metodologi: Periode yang di gunakan dalam penelitian adalah selama 10 tahun yakni tahun 2010-2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh perusahaan pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan beberapa kriteria maka diperoleh sampel perusahaan pertambangan batu bara yang digunakan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan data yang diperoleh melalui pengumpulan data sekunder yang diakses melalui website resmi Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yaitu data panel dengan program pengolahan data statistic E-Views.

Hasil: Berdasarkan hasil analisis data, secara parsial Enterprice Risk Management (ERM) berpengaruh negatif signifikan terhadap Firm Value, Firm Size berpengaruh positif signifikan terhadap Firm Value dan secara simultan Enterprice Risk Management (ERM) dan Firm Size berpengaruh terhadap Firm Value.

Manfaat: Diharapkan dapat menjadi informasi dan evaluasi bagi perusahaan pertambangan batu bara tentang adanya pengaruh variabel Enterprise Risk management (ERM) dan Firm Size bagi kelangsungan usaha dan digunakan sebagai pedoman pengambilan keputusan perusahaan kedepannya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25

Most read articles by the same author(s)

> >>