Hubungan antara Sikap Ibu terhadap Penggunaan Alat Kotrasepsi IUD : Literature Review

  • Monika Safitri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Tri Wijayanti
Keywords: Sikap Ibu, Alat Kontrasepsi IUD

Abstract

Tujuan Studi : Penelitian ini dilakukan menggunakan metode tinjauan literature review bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap ibu terhadap  penggunaan alat kontrasepsi IUD.

Metodelogi : Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, yaitu serangkaian penelitian yang berkaitandengan metode pengumpulan data kepustakaan atau meneliti danmenggunakan informasi kepustakaan (jurnal ilmiah) untuk objek penelitian penelitian. Kriteria inklusi: Majalah bahasa Indonesia dan Inggristerbitan 5 tahun,terbaru2015-2020,ibu yang menggunakan kontrasepsi IUD, artikel fulltextasli, artikel tentang hubungan sikap ibu terhadap kontrasepsi IUD.

Hasil : Hasil studi 15 jurnal artikel penelitian berdasarkan 4 database yaitu google Scholar, Pubmed, Garuda dan ScienceDirect terdapat 13 jurnal penelitian yang memperlihatkan adanya hubungan signifikan antara sikap ibu terhadap kontrasepti IUD namun masih ada 2 jurnal yang menyatakan bahwa tidak adanya hubungan antara sikap ibu terhadap kontasepsi IUD.

Manfaat : Memberikan masukan dan informasi teoritis yang dianalisis dari artikel-artikel dengan tinjauan pustaka yang sistematis terkait dengan sikap ibu terutama yang berkaitan dengan penggunaan IUD.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-12

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>