Hubungan Kepatuhan Dengan Perilaku Penggunaan Alat Perlindungan Diri (Apd) : Masker Upaya Pencegahan Covid-19 Di Kelurahan Air Hitam Kecamatan Samarinda Ulu

Authors

  • Dhea Saputri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Enok Sureskiarti

Keywords:

Compliance, Mask Use Behavior, Covid-19 Prevention Pencegahan

Abstract

Tujuan Studi: Untuk mengetahui hubungan kepatuhan dengan perilaku penggunaan alat perlindungan diri (APD) : masker upaya pencegahan Covid-19 di Kelurahan Air Hitam Samarinda Ulu.

Metode : Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Cross Sectional. Sampel diambil berdasarkan kriteria inklusi yaitu 100 responden. Analisis data meliputi analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square.

Hasil : Hasil uji statistik nilai P adalah 0.072 yaitu tidak adanya hubungan yang bermakna antara kepatuhan dengan perilaku penggunaan alat perlindungan diri (APD) : masker upaya pencegahan Covid-19 di Kelurahan Air Hitam Samarinda Ulu.

Manfaaat : Kepatuhan dan perilaku menggunakan masker merupakan faktor yang sangat berperan penting dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19. Hasil penelitian ini diharapkan agar masyarakat patuh atas aturan pemerintah dalam menggunakan masker dengan benar yang dituangkan dalam perilaku sehari-hari untuk mencegah penularan penyakit covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25

Most read articles by the same author(s)

> >>