Pengaruh Return On Asset dan Curent Ratio terhadap Nilai Perusahaan Farmasi yang Go Public

Authors

  • fajar halim UMKT
  • Azhar Latief

Keywords:

Current Ration (CR), Firm Value, Return On Assets (ROA)

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau mengetahui pengaruh Return On Asset (ROA), Current Ratio (CR),  terhadap nilai perusahaan pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara parsial maupun simultan. Periode yang digunakan dalam penelitian adalah selama 5 tahun yakni tahun 2015-2019.

Metodologi: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan beberapa kriteria maka di peroleh sampel perusahaan farmasi yang digunakan dalam penelitian.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi yang merupakan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan mengunakkan software SPSS 25.

 

Hasil: Berdasarkan hasil analisis data, secara parsial Return On Asset (ROA)berpengaruh negatif tidak signifikan terhadapnilai perusahaan, adapun Current Ratio (CR) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, secara simultan variabel independen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, akan tetapi nilai R-Square hanya menjelaskan 14,8% sedangkan sisanya di  pengaruhi oleh variabel lain.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan bisa menjadi alat dalam menambah pengetahuan untuk para pembaca dan peneliti lainnya begitupun para investor yang mana dalam melakukan keputusan investasi tentu tidak melihat pengaruh dari satu faktor yang mempengaruhi saja,  tetapi juga melihat serta mempertimbangkan pengaruh dari beberapa faktor sekaligus dalam memutuskannya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25

Most read articles by the same author(s)

> >>