cucumber, hypertension,dates juice

Pengaruh Pemberian Jus Kurma Kombinasi Mentimun Terhadap Perubahan Tekanan Darah Penderita Hipertensi di SDN 002 Sangatta Utara

  • asti aminatu nisa keperawatan
  • Thomas Ari Wibowo
Keywords: Jus Kurma, Mentimun, Tekanan Darah

Abstract

Tujuan studi: Untuk Mengetahui  pengaruh pemberian jus kurma kombinasi mentimun terhadap penurunan tekanan darah pada guru penderita hipertensi di SDN 002 Sangatta Utara.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one group pre and post test design yaitu rancangan perlakuan menggunakan satu kelompok sampel yang sama dengan dua penilaian setelah perlakukan. Rancangan one group pretest-posttest design merupakan pengamatan pada satu kelompok sebelum diberikan perlakukan dan sesudah diberi perlakukan

Hasil: Berdasarkan uji diatas didapat hasil P-value 0,000 (P<0,05) disimpulkan bahwa pemberian jus kurma kombinasi mentimun efektif menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Manfaat: Dengan dilakukan penelitian ini diharapkan tidak hanya ilmu kesehatan medis saja yang diperhatikan tetapi juga ilmu tradisional guna membantu mengobati berbagai penyakit contohnya hipertensi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-25