Pengaruh Nilai Tukar dan Risiko Sistematis Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sub sektor pertambangan BatuBara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Yuli Yanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mursidah Nurfadillah

Keywords:

Nilai Tukar, Risiko sistematis, Return saham

Abstract

Tujuan studi : Untuk menguji dan mengetahui secara simultan dan parsial pengaruh nilai tukar dan risiko sistematis terhadap return saham pada perusahaan sub sektor pertambangan batubara yang terdaftar di bursa efek Indonesia secara parsial dan simultan. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 5 tahun dari tahun 2013-2017. 

Metodologi : Penelitian ini merupakan penelitian Asosiatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana 7 perusahaan memenuhi kriteria dan penelitian ini  menggunakan metode dokumentasi yang didapat dari laporan masing-masing perusahaan.

Hasil: Penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan nilai tukar dan risiko sistematis berpengaruh signifikan terhadap retur saham dan secara parsial nilai tukar berpengaruh signifikan terhadap return saham dan risiko sistematis tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham.

Manfaat : Bagi Teoristis Memberikan bukti secara empiris tentang nilai tukar dan risiko Sistematis terhadap saham  pada perusahaan sub sektor pertambangan Batubara. Bagi pelaku bisnis dan praktisi keuangan. Hasil dari studi yang didapat dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi sebuah informasi yang menarik dan menjadi salah satu masukan untuk  mempertimbangkan dalam keputusan berinvestasi. Bagi investor Penelitian yang didapat ini digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan dalam menginvestasikan dananya pada saham..

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-30

Most read articles by the same author(s)

> >>