Hubungan Beban dengan Penerimaan Keluarga pada ODGJ di Poliklinik RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda

Authors

  • Putri Ayu Wulandari universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Dwi Rahmah Fitriani

Keywords:

beban, penerimaan keluarga, ODGJ

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara beban dengan penerimaan keluarga terhadap ODGJ di Poliklinik RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda.

Metode:Metodependekatan yang digunakan ialahCross Sectional, Pengambilan sampeldengan teknik purposive sampling dengan jumlah 71 responden dan pengumpulan data dengan lembar kuesioner. Analisis univariat dalam penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi dan bivariat menggunakan analisis Chi-Square.

Hasil: Hasil penelitian terdapat 36 (100%) responden menyatakan beban keluarga ringan didapatkan 13 responden (33,3%) penerimaan keluarga baik dan 26 responden (74,3) penerimaan keluarga kurang, sedangkan dari 35 responden (100) menyatakan beban sedang 23 responden (71,9) penerimaan keluarga baik dan 9 responden (25,7) penerimaan keluarga kurang. Hasil uji statistik menggunakan uji Chi Square didapatkan p-value = 0,03 < α 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Manfaat: Ada hubungan antara beban dengan penerimaan keluarga terhadap ODGJ di Poliklinik RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-22

Most read articles by the same author(s)

> >>