Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Tentang CTPS terhadap Pengetahuan dan Sikap dalam Upaya Pencegahan Diare (Studi pada Siswa Kelas 4 SDN 003 Palaran Kota Samarinda)

  • Siti Nuranisah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Lia Kurniasari
Keywords: Knowledge, Attitude, Diarrhea, Media of Snake and Laddrs Game

Abstract

Tujuan studi: Diare menjadi penyebab kematian tertinggi pada anak-anak. Menurut data World Health Organization (WHO) tahun 2013 sekitar 1,7 miliar kasus diare terjadi setiap tahunnya dengan angka kematian sekitar 760.000 anak usia di bawah lima tahun (balita). Kota samarinda merupakan ibu kota Kalimantan Timur yang memiliki jumlah kasus diare pada tahun 2017 ditemukan sebanyak 21.047 kasus. 10.956 kasus terjadi pada jenis kelamin laki-laki dan 10.091 terjadi pada jenis kelamin perempuan. Pengetahuan merupakan hasil dari (tahu) serta terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap objek tertentu dan sikap adalah respon tertutup seseorang terhadap stimulus ataupun objek tertentu yang sudah melibatkan faktor pendapat serta emosional yang bersangkutan (senang-tidak senang, setuju-tidak setuju, baik-tidak baik, dan sebagainya).

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu atau  (Quasi Eksperiment). Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah total sampling sehingga didapat sampel 25 orang.

Hasil: Analisa data menggunakan uji statistik Wilcoxon. Dengan nilai P-Value pengetahuan sebesar (0,007<0,05) dan  nilai P-Value sikap sebesar (0,008<0,05)  dan hasil yang didapatkan dari interfensi menggunakan media permainan ular tangga terkait CTPS dalam upaya pencegahan diare adalah ada pengaruh dalam peningkatan pengetahuan dan sikap pada siswa kelas 4.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30
Section
Kesehatan Masyarakat