Hubungan antara Tingkat Pengetahuan dengan Kecemasan Pasien yang akan Menjalani Kateterisasi Jantung di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda

  • Amita Winda Ayu Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Siti Khoiroh Muflihatin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Kateterisasi Jantung, Pengetahuan, Kecemasan

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui adanya hubungan antara tingkat pengetahuan dengan kecemasan pasien yang akan menjalani Kateterisasi Jantung di RSUD Abdul wahab sjahranie samarinda.

Metodologi: Desain penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi serta pendekatan secara Cross Sectional. Sampel penelitian yang dipilih adalah pasien yang akan menjalani tindakan kateterisasi jantung di RSUD Abdul wahab sjahranie samarinda sebanyak 38 restponden. Teknis pengambilan sampel pada penelitian ini dengan cara Purposive Sampling. Peneliitian ini dilaksanakan pada bulan mei 2019. Instrumen dalam penelitian iniĀ  menggunakan instrumen kuisioner untuk mengukur tingkat pengetahuan dan juga instrumen HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale) untuk mengetahui kecemasan pasien.

Hasil: Terdapat hubungan atara tingkat pengetahuan dengan kecemasanĀ  pasien yang akan menjalani tindakan kateterisasi jantung di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda (P value = 0,001 ; P < 0,05).

Manfaat: Menjadi referensi dalam menambah wawasan dan informasi tentang Kateterisasi Jantung, sehingga dapat memberikan pemahaman tentang bagaimana cara menghadapi dan meningkatkan kesiapan dalam menghadapi tindakan kateterisasi jantung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24

Most read articles by the same author(s)