Hubungan Efikasi Diri Dengan Manajemen Diri Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe II Di Wilayah Kerja Puskesmas Palaran Kota Samarinda

  • May Fajriani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Siti Khoiroh Muflihatin
Keywords: diabetes mellitus type II, Self Efficacy, self management

Abstract

Tujuan Studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan manajemen diri pada penderita DM tipe II di wilayah kerja Puskesmas Palaran Kota Samarinda.

Metodologi: Desain penelitian ini menggunakan descriptive correlation dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 152 responden yang diambil dengan menggunakan Teknik Simple random sampling. Data didapat menggunakan kuesioner. Uji dalam analisis bivariate adalah mann-whitney.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian efikasi diri baik sebanyak 90 (59,2%) responden dan kurang baik sebanyak 62 (40,8%) responden. Penelitian menunjukkan dari 152 responden, manajemen diri baik sejumlah 83 (54,6%) responden, manajemen diri cukup 68  (44,7%) responden, manajemen diri buruk 1 (0,7%) responden. Dari hasil bivariate, p-value yang didapatkan adalah 0,005 < α 0,05, yang artinya terdapat hubungan yang signifikaan antara efikasi diri dengan manajemen diri.

Manfaat: Hasil dari penelitian ini dapat digunakan bagi pasien diabetes mellitus tipe II sebagai informasi untuk dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri terhadap kemampuan dalam pelaksanaan manajemen diri, untuk dijadikan bahan informasi atau acuan bagi Petugas Kesehatan Puskesmas Palaran agar dapat menambah wawasan pengetahuan terhadap manajemen diri pada penderita DM Tipe II di Wilayah Kerja Puskesmas Palaran Kota Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27

Most read articles by the same author(s)