Pengaruh Senam Tera Terhadap Tekanan Darah Dan Kadar Glukosa Darah Sewaktu Pada Lansia Di PSTW Nirwana Puri Samarinda

  • Pratiwi Pratiwi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Siti Khoiroh Muflihatin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Kadar Glukosa Darah Sewaktu, Senam Tera, Tekanan Darah

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam tera terhadap tekanan darah dan kadar glukosa darah sewaktu pada lansia di PSTW Nirwana Puri Samarinda.

Metodologi: Desain penelitian ini adalah pre eksperiment dengan one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan di PSTW Nirwana Puri Samarinda dengan teknik Purposive sampling. Responden pada penelitian ini berjumlah 21 orang lansia. Data didapat menggunakan Sphygnomanometer, stetoskop, glukomanometer dan lembar observasi. Analisis dilakukan dengan uji paired sample t test dan uji Wilcoxon.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil paired sample T test tekanan darahsistolik sebelum dan sesudah perlakuan yaitu p-value 0.000 atau < 0.05, hasil uji Wilcoxon pada tekanan darah diastolik sebelum dan sesudah perlakuan yaitu 0.001 atau < 0.05 dan hasil uji Wilcoxon pada kadar glukosa darah sewaktu sebelum dan sesudah perlakukan yaitu 0.000 < 0.05. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh senam tera terhadap tekanan darah dan kadar glukosa darah sewaktu pada lansia di PSTW Nirwana Puri Samarinda.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan bisa menjadi media informasi terkait senam tera dan memberikan manfaat bagi penghuni PSTW Nirwana Puri Samarinda agar menambah pengetahuan terhadap senam tera yang dapat mempengaruhi tekanan darah dan Glukosa darah sewaktu pada lansia

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29

Most read articles by the same author(s)