Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Kadar Gula Darah Pasien Diabetes Melitus Tipe II Di Poliklinik PPK 1 Denkesyah

Authors

  • Candra Eko Setiawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Siti Khoiroh Muflihatin

Keywords:

Dukungan Keluarga, Kadar gula, Diabetes

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan kadar gula darah pada pasien diabetes melitus tipe 2 di poliklinik PPK 1 Denkesyah.

Metodologi: Penelitian deskriftif dengan desain study cross sectional.Populasi penelitian 46 responden dengan sampel 41 responden menggunakan teknik Purposif sampling.Uji normalitas yang digunakan adalah uji Shapiro-wilk.Analisis univariat dan bivariat menggunakan Chi Square.

Hasil: Hasil analisis menggunakan Chi Square menunjukkan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga terhadap kadar gula darah penderita diabetes tipe II yaitu p value 0,000. Ditemukan adanya hubungan antara dukungan keluargadengankadar gula darah pada penderita diabetes tipe II.

Manfaat: Menjadi referensi terapi yang dapat digunakan untuk mengontrol kadar gula darah dan diharapkan bagi peneliti lain agar dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang terapi dukungan keluarga yang nantinya mungkin akan ditemukan manfaat selain dari perubahan kadar gula darah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-22

Most read articles by the same author(s)

> >>