HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN MANAJEMEN DIRI PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE II DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PALARAN KOTA SAMARINDA

Authors

  • Reka Ladina Saqila Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Siti Khoiroh Muflihatin

Keywords:

pengetahuan, self-management, diabetes mellitus

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan manajemen diri pada penderita DM tipe II di wilayah kerja Puskesmas Palaran.

Metodologi: Desain Penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 152 responden. Data didapat menggunakan kuesioner. Uji bivariat menggunakan uji korelasi gamma.

Hasil: Hasil analisa uji statistik menunjukkan adanya hubungan pengetahuan dengan manajemen diri dengan nilai p-value 0,013 < α 0,05 dengan koefisien korelasi 0,326 yang menunjukkan nilai korelasi positif dan kekuatan korelasi yang lemah.

Manfaat: Hasil Penelitian dapat digunakan sebagai informasi bagi pasien diabetes mellitus tipe II agar dapat mengontrol manajemen diri dengan baik, untuk menjadi masukan penting bagi petugas kesehatan lebih memperhatikan tingkat pengetahuan penderita agar penderita dapat mengatur manajemen diri terkait diabetes, untuk digunakan sebagai bahan penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan hubungan pengetahuan dengan manajemen diri pada penderita diabetes mellitus tipe II di wilayah kerja Puskesmas Palaran Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-26

Most read articles by the same author(s)

> >>