Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Manajemen Diri Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe Ii Di Wilayah Kerja Puskesmas Palaran Kota Samarinda

  • Achmat Riyadi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Siti Khoiroh Muflihatin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Dukungan Keluarga, diabetes mellitus tipe II, Self management

Abstract

Tujuan : Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat apakah ada hubungan dari dukungan keluarga dengan self management pada penderita diabetes mellitus tipe II di wilayah kerja puskesmas palaran kota samarinda.

Metodologi : Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling penelitian ini menggunakan desain deskriftif korelasional dengan pendekatan crossectional. Sampel penelitian sebanyak 152 orang. Data didapat menggunakan kuesioner. Uji dalam analisis bivariate adalah uji Mann-Whitney.

Hasil : Berdasarkan hasil penelitian dukungan keluarga baik sebanyak 86 (56,6%) resppnden dan dukungan keluarga kurang baik sebanyak 66 (43,4%), self management baik berjumlah 83 (54,6%) orang, self management cukup 68  (44 , 7 %) responden, self management buruk 1 (0,7%) responden. Dari uji spss didapatkan hasil p-value 0,000< α 0,05 ) dari hasil tersebut dinyatakan ada hubungan yang signifikan dari dukungan keluarga dengan manajemen diri pada penderita DM tipe II.

Manfaat : Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran serta wawasan kepada peneliti selanjutnya, pihak puskesmas dan responden untuk membantu dalam merencanakan serta melaksanakan manajemen diri dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27