Hubungan Pengetahuan dengan Kesiapan Penerapan Evidence-Based Practice pada Mahasiswa Profesi Ners UMKT Tahun 2019

  • Annisa Fadhila Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fitroh Asriyadi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Pengetahuan, Kesiapan Penerapan Evidence-based practice, Mahasiswa Profesi Ners

Abstract

Tujuan Studi : Pengetahuan evidence-based practice merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas dalam memberikan pelayanan kepada pasien pada saat dilahan praktek klinik.

Metodologi : Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional dengan populasi mahasiswa profesi ners tahun ajaran 2019 yang berjumlah 113 responden dan menggunakan uji analisis statistik yaitu Chi-Square.

Hasil : Hasil uji chi-square didapatkan nilai p value = 0.024 <  0.05 maka Ho ditolak yang artinya terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan kesiapan penerapan evidence-based practice pada mahasiswa profesi ners di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Manfaat : Penelitian ini dapat memberikan masukan pada institusi pendidikan agar mampu menerapkan evidence-based practice kedalam kurikulum pendidikan sehingga dapat membantu mahasiswa profesi ners dalam memahami dan menerapkan evidence-based practice dengan baik dan memiliki pengetahuan yang uptodate serta pengalaman dalam proses diskusi dalam berpikir secara ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24