Hubungan Antara Kompetensi Preceptor Dengan Pencapaian Kompetensi Komunikasi Mahasiswa Profesi Ners : Literature Review

  • Octaviani Octaviani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fitroh Asriyadi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Kompetensi Preceptor, Kompetensi Komunikasi, Mahasiswa Profesi Ners

Abstract

Tujuan studi: Review artikel ini bertujuan untuk menganalisa hubungan antara kompetensi preceptor dengan pencapaian kompetensi komunikasi mahasiswa profesi Ners

Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain literature review, yaitu ikhtisar mengenai penelitian yang sudah pernah dilakukan tentang topik pembahasan yang spesifik untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang apa yang sudah diketahui dan belum diketahui, lalu mencari rasional untuk menentukan ide penelitian berikutnya. Kriteria Inklusi : jurnal bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, publikasi tahun 2016-2021, subjek Mahasiswa keperawatan, jenis Artikel original penelitian, free full text, tema artikel kompetensi preceptor dan kompetensi komunikasi mahasiswa keperawatan.

Hasil: Hasil studi 15 artikel didapatkan 5 jurnal nasional dan 10 jurnal international dengan 1 jurnal yang membahas preceptor dan kompetensi komunikasi, 9 jurnal yang membahas komunikasi mahasiswa keperawatan, 5 jurnal yang membahas kompetensi preceptor.

Manfaat: Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam pemberian capaian kompetensi pada mahasiswa praktik keperawatan sesuai dengan kompentensi yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29