Hubungan Antara Kompetensi Preceptor Dengan Pencapaian Komepetensi Sikap Mahasiswa Profesi Ners: Literature Review
Keywords:
kompetensi preceptor, kompetensi sikap, mahasiswa keperawatanAbstract
Abstrak
Latar Belakang : Pembelajaran klinik merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan keperawatan, dalam memenuhi keberhasilan pembelajaran klinik dipengaruhi oleh dua faktor yaitu, faktor dari diri mahasiswa dan faktor yang diperoleh dari pembimbing klinik atau preceptor. Seorang preceptor dapat memberikan bimbingan menggunakan model bimbingan preceptorship yang dimana dapat memudahkan mahasiswa dalam memenuhi target kompetensinya, kompetensi klinik seorang mahasiswa terutama kompetensi sikap juga sangat erat dipengaruhi oleh kompetensi yang dikuasi oleh preceptor
Tujuan : Literature review ini bertujuan untuk menganalisa hubungan antara kompetensi preceptor dengan pencapaian kompetensi sikap mahasiswa profesi Ners
Metode : Penelitian ini menggunakan desain Literature Review, yang dimana peneliti mengumpulkan berbagai artikel yang telah diberi kriteria sesuai dengan kriteria inklusi yang ditentukan.
Hasil : Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menemukan 15 jurna dengan 10 jurnal Inernasional dan 5 jurnal nasional, dengan masing-masing artikel membahas terkait kompetensi preceptor, kompetensi sikap mahasiswa, model bimbingan preceptorship, dan kompetensi klinik mahasiswa
Kesimpulan : Peneliti berasumsi bahwa, hasil tinjauan literature yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara kompetensi preceptor dengan pencapaian kompetensi sikap mahasiswa profesi Ners
Kata Kunci : kompetensi preceptor, kompetensi sikap, mahasiswa keperawatan