Hubungan Sikap dengan Kesiapan Penerapan Evidence-Based Practice pada Mahasiswa Profesi Ners UMKT Tahun 2019

  • Fika Anjany Husaini Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fitroh Asriyadi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Sikap, Kesiapan Penerapan, Evidence-Based Practice

Abstract

Tujuan studi: Untuk menjelaskan hubungan sikap dengan kesiapan penerapan evidence-based practice pada mahasiswa profesi ners di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi: Metode penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan jumlah responden 113 mahasiswa. Memberikan kuesioner sebagai alat mengumpulkan data dan data ini diproses menggunakan uji statistik Chi-Square.

Hasil: Hasil analisis didapatkan p value 0.019 < α 0.05 sehingga dapat dinyatakan H0 ditolak yang artinya terdapat hubungan yang bermakna antara sikap dengan kesiapan penerapan evidence-based practice pada mahasiswa profesi ners di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur tahun 2019.

Manfaat: Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat menjadi rujukan dan tambahan wawasan lebih mendalam bagi peneliti, institusi pendidikan, mahasiswa profesi ners dan bagi peneliti selanjutnya tentang hubungan sikap dengan kesiapan penerapan evidence-based practice pada mahasiswa profesi ners Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24