Hubungan Komunikasi Orang Tua dan Remaja dengan Motivasi Belajar melalui Tinjauan Systematic Review
Keywords:
Komunikasi orang tua, Remaja, Motivasi belajarAbstract
Tujuan studi: Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui hubungan komunikasi orang tua dan remaja dengan motivasi belajar melalui tinjauan Systematic review.
Metodologi: Metode penelitian dengan mengacu pada research process, quality assessment, inklusi dan eksklusi kriteria, dan search process. Penelitian ini menggunakan populasi data berupa daftar jurnal/artikel penelitian dalam kurun tahun 2010-2020 sebanyak 10 jurnal menggunakan metode kuantitatif non eksperimen.
Hasil: Dari analisa 10 jurnal dimana 9 jurnal (90%) menunjukkan korelasi/hubungan antara variabel X (Komunikasi) dan variabel Y (motivasi belajar).
Manfaat: Memberikan manfaat bagi para guru dan orang tua bahwa pentingnya komunikasi orang tua dalam mendukung motivasi belajar remaja melalui tinjauan systematic review, dan memberikan masukan dan informasi secara teori yang berhubungan dengan komunikasi orang tua dan remaja dengan data artikel melalui systematic review terutama yang berkaitan dengan motivasi belajar.