Systematic Review Hubungan Komunikasi Orang Tua dan Anak dengan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi pada Remaja

  • Nizar Zain Ilmy Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Bachtiar Safrudin
Keywords: Komunikasi Orang tua dan remaja, Pengetahuan Kesehatan Reproduksi, Remaja

Abstract

Tujuan studi: Komunikasi yang terjalin dalam keluarga yang tidak terlaksana dengan baik akan mempengaruhi berbagai penyimpangan perilaku yang bisa terjadi pada anak remaja. Tahapan yang terjadinya sebelum penyimpangan ini dimulai dengan domain perilaku yakni pengetahuan yang berpengaruh terhadap perilaku salah satunya adalah komunikasi. Komunikasi yang dilaksanakan dengan baik antara orang tua dan remaja akan membentuk pribadi dan karakter remaja yang baik pula.

Metodologi: Analisa dengan menggunakan pendekatan analisa systematic review meliputi metode, hasil penelitian dan perkembangan penelitian. Menggunakan 15 review jurnal yg terdiri dari 5 internasional dan 10 nasional.

Hasil: Hasil penelitian menujukkan 100% jurnal bahwa komunikasi memiliki hubungan dengan pengetahuan tentang kesehatan resproduksi. Perlu diperhatikan bagi semua orang tua bahwa komunikasi adalah masalah kebiasaan, artinya komunikasi harus dipelihara terus dimulai sejak masih dalam kandungan ibu sampai anak tumbuh menjadi sesorang yang dewasa.

Manfaat: Menambahkan pengetahuan bagi orang tua agar selalu menjaga komunikasi kepada anak, agar anak mampu terkontrol dengan baik terutama tentang masalah pengetahuan Kesehatan pada diri mereka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-27