Hubungan Dukungan Keluarga dengan Perawatan Klien Penyalahgunaan Napza setelah menjalani Perawatan di Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Tanah Merah Samarinda

  • Selva Rahmadhayanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Bachtiar Safrudin
Keywords: dukungan, keluarga, perawatan, napza

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari telaahan ini yaitu untuk memahami apakah ada Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Perawatan Penyalahgunaan klien NAPZA setelah menjalani Perawatan di Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Tanah Merah Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif correlation. Pengambilan sampling dalam penelitian ini sendiri menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sampel 34 anggota keluarga dan teknik pengumpulan data dengan memakai kuesioner.

Hasil: Didapatkan hasil sebagian besar anggota keluarga memiliki tingkat dukungan baik sebanyak 23 orang (65,7%) dan sebagian besar anggota keluarga memiliki tingkat perawatan penyalahgunaan NAPZA baik sebanyak 22 orang (64,7%). Berdasarkan hasil uji statistik dengan nilai p=0,027 yang berarti p<α (0,05), dapat diartikan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga dengan klien penyalahguna napza setelah menjalani perawatan di balai rehabilitasi BNN Tanah Merah Samarinda.

Manfaat: Hasil penelitian ini bisa di manfaatkan sebagai bahan informasi dari adanya hubungan dukungan keluarga dengan perawatan klien penyalahgunaan napza setelah menjalani perawatan dari balai rehabilitasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-26