Hubungan Pengetahuan Keluarga dengan Perawatan Klien Penyalahgunaan Napza setelah Menjalani Perawatan di Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Tanah Merah Samarinda

Authors

  • Desti Fitrianti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Bachtiar Safrudin

Keywords:

Pengetahuan, Perawatan, Keluarga, Napza

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada Hubungan antara Pengetahuan Keluarga dengan Perawatan Klien Penyalahgunaan NAPZA setelah Menjalani Perawatan di Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Tanah Merah Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif correlation. Pengambilan sampling dalam penelitian ini sendiri menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sampel 34 anggota keluarga. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuesioner.

Hasil: Didapatkan hasil berdasarkan hasil uji statistik dengan nilai p=0,002 yang berarti p<α (0,05), dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara Pengetahuan keluarga dengan klien penyalahgunaan napza setelah menjalani perawatan di balai rehabilitasi BNN Tanah Merah Samarinda

Manfaat: Sebagai bahan masukkan dan acuan bagi institusi pendidikan terkait pengetahuan peranan Keluarga dan sebagai tambahan informasi bagi keluarga untuk menambah pengetahuan keluarga dalam perawatan klien penyalahgunaan NAPZA serta tambahan informasi bagi balai rehabilitasi BNN tanah merah samarinda terkait dalam kebijakan melaksanakan pelayanan (medis dan sosial) secara prima, profesional, tepat, aman, dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-26

Most read articles by the same author(s)

> >>