Hubungan Program Germas Aktifitas Fisik Dengan Pengetahuan Keluarga Dalam Penularan Covid-19 Di Kelurahan Bukit Biru Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara

  • Elly Fuaidah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Bachtiar Safrudin
Keywords: Aktifitas Fisik, Covid-19, Germas, Pengetahuan

Abstract

Latar Belakang  : Germas merupakan salah satu program pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sehat. Pada tahun 2016 dan 2017, Kementerian Kesehatan melaksanakan kegiatan pelaksanaan Germas secara nasional, dengan fokus pada tiga hal yaitu latihan fisik, konsumsi buah dan sayur, dan pemeriksaan kesehatan. Kurangnya olahraga dapat menyebabkan menurunnya imunitas atau kekebalan dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.Dunia saat ini menghadapi tantangan besar, yaitu menghadapi penyakit menular Coronavirus (CoV).

Tujuan studi:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan program germas aktifitas fisikdengan pengetahuan keluarga dalam pencegahan penularan Covid-19 Di Kelurahan Bukit Biru kecamatan tenggarong kabupaten kutai kartanegara.

Metodologi:Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif Korelasional. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara purposive sempling dengan jumlah sampel 313 orang. Teknik pengumpilan data menggunakan kuisoner guttman melalui google fom. Analisa data menggukan uji chi-square.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan nilai signifikan ᵖ Value = 0.000 < 0.05, maka hipotesis yang diterima adalah Ha yaitu ada hubungan program germas aktifitas fisik dengan pengetahuan penularan covid-19 di Bukit Biru.

Manfaat:Tuliskan bagaimana hasil studi dapat dimanfaatkan atau apakah manfaat dari studi ini.             

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29