Hubungan Penerimaan Diri dengan Manajemen Diri pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe II di Wilayah Kerja Puskesmas Palaran Kota Samarinda

  • Muliana Fitriani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Siti Khoiroh Muflihatin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Diabetes Mellitus Tipe II, Penerimaan Diri, Manajemen Diri

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penerimaan diri dengan manajemen diri pada penderita DM tipe II di wilayah kerja Puskesmas Palaran.

Metodologi: Desain Penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional.Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 152 responden.Data didapat menggunakan kuesioner.Uji bivariat menggunakan uji korelasi gamma.

Hasil: Hasil analisa uji statistik menunjukkan adanya hubungan penerimaan diri dengan manajemen diri dengan nilai p-value 0,000 < α 0,05 dengan koefisien korelasi 0,618 yang menunjukkan nilai korelasi positif dan kekuatan korelasi yang kuat.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada peneliti lain, pihak institusi, pelayanan kesehatan dan pasien diabetes mellitus mengenai kesejahteraan psikologis terutama penerimaan diri yang dapat mempengaruhi manajemen diri pada pasien diabetes mellitus tipe II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24