Hubungan antara Riwayat Kekerasan di dalam Keluarga dengan Perilaku Kekerasan dalam Hubungan Pacaran pada Remaja di Samarinda

  • Dewi Sri Pangesti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mukhripah Damaiyanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Kekerasan Pacaran, Riwayat kekerasan dalam keluarga

Abstract

Tujuan: Untuk mengetahui adanya hubungan antara riwayat kekerasan di dalam keluarga dengan perilaku kekerasan dalam pacaran.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian  analitik Cross Sectional, dengan menggunakan teknik sampling cluster stratified random sampling dan di dapatkan jumlah responden yaitu sebanyak 572 responden dengan 286 responden laki-laki dan 286 responden perempuan. Penelitian ini menggunakan instrumen Dating Violence Queationnarie – R ( DVQR) sebagai alat ukur pada prilaku kekerasan dalam pacaran dan Traumaqtiw Antecedens Questionnare ( TAQ) sebagai alat ukur riwayat kekerasan di dalam keluarga. Peneliti menggunakan teknik  statistik Rank Spearman untuk mengetahui ada tidaknya hubungan variabel dengan perilaku kekerasan dalam hubungan pacaran.

Hasil : Hasil penelitian yang didapatkan nilai P-value 0.010 <  dari (0.05) yang artinya ada hubungan antara riwayat kekerasan di dalam keluarga dengan perilaku kekerasan di dalam pacaran, dan di dapatkan nilai Rank Spearman 0.107 yang artinya lemahnya corelasi antara riwayat kekerasan di dalam keluarga dengan perilaku kekerasan di dalam pacaran,dan bisa di tarik kesimpulan bahwa Ha pada penelitian di terima.

Manfaat : Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menambah wawasan individu untuk lebih mengetahui adanya tindakan kekerasan dalam hubungan pacaran dan diharapkan dapat menjadi salah satu referensi teoritis dalam bidang keperawatan khususnya keperawatan jiwa sehingga bisa memudahkan peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24