Hubungan antara Cemburu dengan Prilaku Kekerasan dalam Hubungan Pacaran pada Remaja Di Samarinda

  • Devi Rahmalia Safitri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mukhripah Damaiyanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Cemburu, Perilaku Kekerasan, Pacaran Remaja

Abstract

Tujuan Studi: adalah untuk mengetahui hubungan antara cemburu dengan prilaku kekerasan dalam hubungan pacaran di samarinda. dan manfaat pada penelitian ini dapat digunakan untuk menambah wawasan individu untuk mengetahui adanya tindakan kekerasan dalam hubungan pacaran dan faktor yang memepengaruhi kekerasan.

Metodologi: Jenis penelitian ini kuantitatif dengan disain penelitian analitik Cross Sectional. Pengambilan sampel dengan teknik Cluster Stratified Random Sampling menggunakan rumus Cochran, jumlah sampel 572 orang. Pengukuran untuk kekerasan dalam pacaran menggunakan kuesioner Dating Violence Questiooaire-R (DVQ-R) untuk mengukur cemburu dalam pacaran menggunakan kuesioner yang di buat oleh peneliti Nailul Muna. Teknik analisa data menggunakan uji Spearman Rank untuk mengetahui adanya hubungan cemburu dengan prilaku kekerasan dalam hubungan pacaran pada remaja di Samarinda.

Hasil: Dari hasil uji analisis menunjukan nilai sign 0,963>0,05 Ho pada penelitian ini diterima yang artinya cemburu tidak ada hubungan dengan prilaku kekerasan dalam hubungan pacaran pada remaja di samarinda.

Manfaat: manfaat pada penelitian ini diharapkan dapat menyumbang referensi teoritis dalam bidang keperawatan khususnya keperawatan jiwa. Setelah itu hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti selanjutnya untuk membahas dampak dari kekerasan dalam hubungan pacaran berdasarkan faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku kekerasan dalam hubungan pacaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24