Faktor Yang Mempengaruhi Dukungan Keluarga Terhadap Perawatan Pasien Dengan Skizofrenia : Literature Review

  • Juliana Saputri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mukhripah Damaiyanti
Keywords: Dukungan Keluarga, Skizofrenia

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Dukungan keluarga dalam merawat pasien Skizofrenia. Berdasarkan Literature Review

Metodologi: Penelitian ini yaitu penelitian dengan menggunakan metode Literature Review. jenis penulisan yang padagunakan ialah studi Literature Review yang berfokus pada output penulisan yang berkaitan dengan topik atau variabel penelitian.  Literature Review padalakukan dengan cara membaca, memahami, mengkritik & mereview dari bebagai macam sumber.

Hasil : Hasil  penelitian ini padabisakan berdasarkan 15 artikel terdapat Faktor yang mempengaruhi dukungan keluarga yaitu stigma keluarga, kecerdasan emosi, perawatan padari, kepatuhan kunjungan kontrol, Resieliensi keluarga, kepatuhan minum obat Program/ Perkumpulan pasien skizofrenia, kualitas/ kebahagiaan hidup, pelayanan publik, serta tingkat kekambuhan.

Manfaat: Penelitian ini padaharapkan bisa menjapada bahan masukan bagi pelayanan kesehatan Buat mengintegrasikan program penguatan padaadakan penpadapadakan kesehatan jiwa bagi keluarga yang anggota keluarganya mengalami skizofrenia mengenai dukungan keluarga mempengaruhi perawatan pasien dengan skizofrenia pada rumah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29