Hubungan antara Kepuasan dalam Pacaran dengan Perilaku Kekerasan dalam Pacaran pada Remaja di Kota Samarinda

  • Syarifah Fauziah Arnia Tunisa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mukhripah Damaiyanti
Keywords: Kepuasan dalam Pacaran, Kekerasan dalam Pacaran

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepuasan dalam pacaran dengan perilaku kekerasan dalam pacaran pada remaja.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian analitik cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster stratified random sampling menggunakan formula cochran dengan jumlah sampel sebanyak 572 orang. Pengukuran kepuasan dalam pacaran menggunakan Relationship Assesment Scale (RAS) dan pengukuran kekerasan dalam pacaran menggunakan Dating Violence Questionnare-R (DVQ-R). Teknik analisa data menggunakan uji Spearman Rank untuk mengetahui adanya hubungan antara kepuasan dalam pacaran dengan perilaku kekerasan dalam pacaran dan menggunakan uji Man-Whitney U-Test untuk mengetahui perbedaan rerata jenis kelamin dengan kepuasan dan kekerasan dalam pacaran. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data, editing, pemberian kode, tabulasi dan penyajian.

Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan dengan kekerasan dalam pacaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji analisis Spearman Rank menunjukkan hasil P-Value sebesar 0,001 (<0,05) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan adanya perbedaan rerata jenis kelamin dengan kekerasan dalam pacaran menggunakan uji Mann whitney dengan P-Value 0,013 dan tidak adanya perbedaan rerata jenis kelamin dengan kepuasan dalam pacaran dengan P-Value 0,965.

Manfaat: Diharapkan hasil penelitian ini dapat menambah wawasan individu terhadap bentuk-bentuk dari tindakan kekerasan dalam pacaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-26