Hubungan Fungsi Kognitif dengan Tingkat Kemandirian Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda

  • Dede Damara Putra Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rusni Masnina
Keywords: Fungsi Kognitif, Kemandirian, Lansia.

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada Hubungan antara Fungsi Kognitif dengan Tingkat Kemandirian Lansia di Panti Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda.

Metodologi: Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif correlation. Pengambilan sampling dalam penelitian ini sendiri menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 69 responden dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis Bivariat yang digunakan menggunakan uji chi square.

Hasil: Didapatkan hasil sebagian besar lansia memiliki fungsi kognitif dengan adanya gangguan sebanyak 41 lansia (59,4%) dan sebagian besar lansia memiliki tingkat kemandirian dengan ketergantungan ringan sebanyak 35 lansia (50,7%). Berdasarkan hasil uji statistik dengan nilai p=0,133 yang berarti p>α (0,05), dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara Fungsi Kognitif dengan Tingkat Kemandirian Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda

Manfaat: Sebagai bahan masukkan dan acuan bagi institusi pendidikan terkait tambahan informasi yang lebih bermanfaat dan sebagai tambahan informasi bagi Panti Sosial Tresna Werdha untuk perawat lansia dan penjaga mengenai pentingnya fungsi kognitif lansia terhadap tingkat kemandirian lansia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-26