Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Tindakan Pemilahan Sampah Rumah Tangga Di Kecamatan Sungai Pinang Samarinda

  • Herdayanti Herdayanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rusni Masnina Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: ibu, pemilahan sampah rumah tangga, pengetahuan, tindakan

Abstract

Tujuan : Sampah adalah suatu benda atau bahan yang sudah tidak digunakan lagi oleh manusia sehingga dibuang. Penanganan sampah yang kurang optimal akan menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Tindakan Pemilahan Sampah Rumah Tangga.

Metode : Penelitian ini menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan 90 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner guttman dengan mendatangi rumah ke rumah. Analisa data      menggunakan uji chi-square.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan nilai signifikan P Value = 0.02 < 0.05, maka hipotesis yang diterima adalah Ha yaitu ada Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Tindakan Pemilahan Sampah Rumah Tangga Di Kecamatan Sungai Pinang Samarinda.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29