Hubungan Tingkat Kecemasan Terhadap Tingkat Kemandirian Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda 2019

  • Nadia Nur Haidah Universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Rusni Masnina
Keywords: Tingkat Kecemasan, Kemandirian, Lansia

Abstract

Tujuan studi: Tujuan  umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dengan tingkat kemandirian lansia di Panti Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional, metode pengambilan sampel purposive dengan jumlah sampel 69 dan pengambilan data variabel independen yaitu tingkat kecemasan menggunakan instrument DASS, sedangkan variabel dependen yaitu kemandirian lansia menggunakan Pengukuran Indeks Barthel. Selanjutnya analisis bivariat yang digunakan adalah uji chi square.

Hasil: Analisis hubungan tingkat kecemasan terhadap kemandirian lansia di UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda tahun 2020 (n=69), dilakukan dengan menggunakan rumus Chi Square dengan taraf signifikasi α = 5% dengan nilai p = 0,037 < α 0,05, sehingga H0 ditolak. Artinya ada hubungan yang signifikasi (bermakna) secara statistik antara tingkat kecemasan terhadap kemandirian lansia di UPTD panti sosial tresna werdha nirwana puri Samarinda.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi perawat lansia dan penjaga mengenai tingkat kecemasan pada lansia terhadap tingkat kemandirian lansia. Memotivasi untuk mengembangkan penelitian tentang kecemasan pada lansia dan fungsi koginitif lansia. Penelitian ini dapat memberikan informasi yang lebih bermanfaat dan mahasiswa dapat menerapkan kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan psikososial.       

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-27

Most read articles by the same author(s)